Selasa, 05 Januari 2016

besi beton bersertificate | info 081288711562, 02158909935

  Kualitas besi polos dan besi ulir, konstruktur mutu baja tulangan sangat menentukan kekuatan suatu elemen struktur bangunan.

        Sebagai jaminan mutu tulangan baja, distributor  memberikan “Mill’s Certificate” kepada kontraktor. Sertitkat ini berisikan: kuantiti tulangan yang diorder sesuai dengan nomor PO, dari pabrik baja ke distributor yang bersangkutan, dan biasanya mencatumkan nama costumer, nama proyek yang sedang dikerjakan. dengan demikian,  sertifikat ini tidak  mudah disalahgunakan.


         Sebagai distributor, tentu tahu betul baja yang distributor  jual. Distributor  pun mengacu kepada persyaratan penandaan mutu tulangan beton, berdasarkan SNI. Agar tidak ada pihak yang dirugikan ;biasanya konsumen, distributor melalui pabrik baja memastikan terlebih dahulu mutu baja beton. Sehingga para konsumen tidak bertanya-tanya lagi, dan para konsumen hanya tinggal mengadakan uji tarik bila ada mutu yang dianggap meragukan.

         Berikut ini, kami sajikan kembali tentang besi beton dan penandaan mutunya. Berdasarkan bentuknya, baja tulangan beton dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu baja tulangan beton polos ( besi beton polos)  dan baja tulangan beton sirip (besi ulir). Baja tulangan beton polos adalah baja tulangan beton berpenampang bundar dengan permukaan rata tidak bersirip, disingkat BjTP. Baja tulangan beton sirip adalah baja tulangan beton dengan bentuk khusus yang permukaannya memiliki sirip melintang dan rusuk memanjang yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya lekat dan guna menahan gerakan membujur dari batang secara relatif terhadap beton, disingkat BjTS.

         Syarat Penandaan. Setiap batang baja tulangan beton diberi tanda (marking) dengan huruf timbul yang menunjukkann inisial pabrik pembuat serta ukuran diameter nominal. Setiap batang baja tulangan beton diberi tanda pada ujung-ujung penampangnya dengan warna yang tidak mudah hilang sesuai dengan kelas baja seperti. Setiap kemasan, diberi label dengan mencantumkan: Nama atau nama singkatan dari pabrik pembuat, warna, nomor lembaran (No. Heat), nomor seri produksi dan tanggal produksi, nomor SNI.

        Tanda untuk kelas baja tulangan beton. Kelas baja BjTP 24 dengan warna hitam, Kelas baja BjTP 24 dengan warna hitam, Kelas baja BjTP 24 dengan warna Hitam, Kelas baja BjTP 30 & BjTS 30 dengan warna Biru, Kelas baja BjTS 35 dengan warna Merah, Kelas baja BjTS 40 dengan warna Kuning, dan Kelas baja BjTS 50 dengan warna Hijau.

1 komentar: